Kamis, 28 Maret 2013

PENDAHULUAN


Perencanaan Agen Telur ini disusun oleh ide-ide saya yang ingin membuat sebuah agen terbesar di daerah Jakarta, oleh karena itu saya sangat memperhatikan bagaimana dan apa cara agar Agen yang saya kelola bisa menjual keberbagai toko dan pasar didaerah Jakarta dan Tangerang.
Telur merupakan salah satu cara penambahan umur simpan telur yang umum dilakukan oleh masyarakat. Telur merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat dan berharga relatif murah, telur sebagai bahan makanan. Telur umumnya mengandung protein 13%, lemak 12%, mineral dan vitamin.
Konsumen terbesar produk telur adalah masyarakat menengah ke bawah, karena telur dapat dijadikan sumber protein hewani yang murah. Sebagian besar konsumen telur adalah penduduk di kota-kota besar. Disamping untuk konsumen rumah tangga, konsumen lainnya yang sangat potensial adalah restoran, rumah makan, kapal-kapal laut, rumah sakit, asrama-asrama, perusahaan jasa boga dan sebagainya.
Perkembangan industri telur akan mendorong perkembangan peternakan ayam akan berdampak kepada peningkatan pendapatan para peternak ayam yang umumnya merupakan masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, industri telur dapat dijadikan salah satu usaha yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat menengah dan bawah serta dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber protein mahal seperti daging.
Pusat-pusat produksi telur umumnya berlokasi sama dengan sentra-sentra penghasil telur ayam. Pada tahun 2004 produsen telur ayam terbesar di Indonesiia adalah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah produksi 37.447 ton diikuti dengan Provinsi Sulawesi Selatan 22.153 ton, Provinsi Jawa Tengah 100.564 ton, Provinsi Jawa Timur 57.876 ton dan Provinsi Kalimantan Selatan 20.105 ton.


Pembuatan Agen Telur
            Dalam proposal ini akan menjelaskan langkah-langkahnya perencanaan dalam sebuah Agen Telur dengan harga yang standard berkualitas tinggi. Agen kami mendapatkan Telur yang berkualitas tinngi dari berbagai kota, salah satunya kota Solo, Semarang, Blitar, Palembang, Lampung dan Medan, kami sering mengambil telur dari daerah Jawa Tengah, karena harganya terjangkau dan kualitas telurnyapun sangat disukai oleh pelanggan kami.
SISI MARKETING
Telur Ayam merupakan penambah darah bagi tubuh kita, menambah gizi dalam tubuh. Disini kami menjual telor yang berkualitas tinggi yang mampu bertahan sampai tiga(3) minggu, disamping itu telur jaga berguna untuk pembuatan roti.
VISI
            Membuat cara baru dalam mensortir telur, dengan cara memisahkan telur yang super, special dan besar. Agar mempermudahkan kami dalam menjual kepada pelanggan.
MISI
            Menjadikan kualitas telur yang sangat tinggi, tidak mudah pecah dan busuk, melayani pelanggan dengan sepenuh hati, menjadikan pelanggan senang dengan kualitas telur kami.

MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud
            Memperkenalkan dan menampikan jenis dan bentuk telur yang sehat, kasiat telur yang baru lebih baik dari pada kasiat telur yang lama (tidak panas dan tidak dingin). Telur ayam adalah telur terbaik, telur yang berwarna agak kepucatan dan berkulit tipis kualitasnya sudah tidak baik. Kami sering sekali menjual telur yang agak pucat dan berkulit tipis kepada pabrik roti di Jakarta dan Tangerang
Tujuan
            Ahli kesehatan berkata,"Kuning telur meredakan sakit, melegakan tenggorokan dan batang tenggorokan serta meredakan batuk dan luka diparu-paru, liver, dan kandung kemih. Kuning telur mengurangi ganjalan pada pencernaan. Kuning telur membantu proses pembakaran di dalam dada serta melembutkan ganjalan di tenggorokan."

            Kuning telur memiliki tiga keistimewaan:
1     Mudah larut dalam darah
        Tidak memproduksi banyak ampas
3   Dan darah yang diproduksi sama ringannya dengan darah yang mengaliri jantung. Kuning telur merupakan bahan yang mudah dicerna dan diserap tubuh".
Jika putih telur digunakan sebagai tetes mata, maka dapat mendinginkan bengkak panas dimata dan meredakan sakitnya. Jika dioleskan diwajah, dapat mencegah kulit wajah terbakar sinar matahari. Jika putih telur dicampur serbuk kayu cendana lalu dioleskan didahi, maka dapat mencegah pengriputan.
PROGRAM YANG AKAN DILAKSANAKAN
Rencana Kegiatan
            Membuat sebuah gedung yang luas, membuat tempat untuk menaruh telur, pada saat kiriman telur datang dari Jawa dan Sumatra kami tidak kebingungan mau taruh dimana, membuat sebuah gudang untuk penyimpanan telur yang telah disortir, agar tidak dimakan oleh tikus kami membuat sebuah ruangan khusus, menyediakan alat timbang, alat timbang yang kami punya adalah timbangan digital, menyediakan alat trasportasi seperti mobil dan sepeda motor.
ANALISA SWOT USAHA TELUR AYAM
Peluang Pasar
Penjualan produk industri telur ini dapat dilakukan sendiri oleh pengusaha maupun melalui jasa agen penjualan, dengan pembeli konsumen langsung, rumah-rumah makan dan perkantoran. Pola pemasaran produk telur ini secara umum terbagi tiga, yaitu :
1.      Pengusaha menjual langsung produknya ke pasar-pasar setempat. Pada pola ini daerah pemasaran hanya berkisar pada pasar-pasar yang terdapat pada kabupaten yang sama dengan daerah produsen telur yang bersangkutan.
  1. Pengusaha memperkerjakan tenaga-tenaga pemasaran di kota-kota besar untuk mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar dan harga yang cukup baik. Para tenaga pemasaran tersebut akan menjual telur ke rumah-rumah makan atau konsumen secara langsung. Kota yang menjadi daerah pemasaran utama untuk produksi telur dari wilayah ini adalah DKI Jakarta dan sekitarnya.
  2. Pemesanan langsung dari agen-agen penjual telur yang berada dari luar daerah produsen telur, dimana para agen tersebut akan memasok telur ke restoran, kapal dan perkantoran.
Dari ketiga jenis pemasaran di atas, untuk pemesanan yang hanya memerlukan angkutan darat semua produk diangkut dengan kendaraan yang dimiliki oleh produsen telur, sedangkan untuk pemesanan lintas pulau dapat pula menggunakan sarana angkutan udara.
Membuat agen Telur dengan suasana yang berbeda, agar konsumen yang berkunjung merasakan kenyamanan pada saat membeli telur, dan dibukanya agen telur ini berada didepan jalan raya arah orang untuk pergi kepasar.
Dibukanya dilokasi-lokasi yang ramai akan memberikan keuntungan untuk usaha kami, di karenakan orang yang biasa belanja telur didalam pasar akan belanja di agen kami, dikarenakan tempatnya dekat dengan jalan raya, harganya sedikit lebih murah dan kuliatasnya jauh lebih baik.
Ancaman
            Persaingan dengan agen-agen kecil yang mungkin mereka akan membanting harga dibawah harga agen kami. Maka dari itu kami sangat memperhatikan kualitas telur kami, agar kualitas telur kmi menjadi yang terbaik.
KEKUATAN DAN KELEMAHAN
Kekuatan
            Agen kami tiap harinya menjual terlur yang baru, agar dapat mempertahankan kualias telurnya.
Kelemahan
            Telur mudah pecah dan kulitnya ada yang kotor. Sehingga kami harus menjual telur tersebut dengan harga yang sangat murah. Terkadang kami harus menjual dibawah pembelian kami dari kandang.
STRATEGI OPERASIONAL
            Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana stretegi perusahaan merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapatan swasta. Strategi adalah serangakaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya penggambaran melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W.S. Stanton adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan mempromosikan dan mendistibusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun pontensial. Berdasarkan strategi diatas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu:
1.      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.      Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, melalui dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, agar pengiriman produk secara cepat sampai  ketangan konsumen.
3.      Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi, adapun kegiatannya sebagai berikut:
1.      Faktot Mikro
Yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing, dan masyarakat.
2.      Faktor Makro
Yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran
Dari sudut pandang penjual:
1.      Tempat yang strategis (Place)
2.      Produk yang bermutu (Product)
3.      Harga yang kompetitip (Price), dan
4.      Promosi yang gencar (Promotion)
Dari sudut pandang konsumen:
1.      Kebutuhan yang diinginkan konsumen (Customer Needs and Wants)
2.      Biaya konsumen (Cost to the customer)
3.      Kenyamanan (Convenience), and
4.      Komunikasi (Comunication)
Dari apa yang sudah di bahas diatas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Perusahaan yang baik harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai Departemen (tidak hanya dibagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi didalam upaya melakukan kegiatan pemasaran. Dan membangun agen telur di lokasi yang ramai dan mempromosikan telur kami kepada pelanggan, agar pelanggan dapat mengetahui kualitas telur kami.